Selasa, 26 Oktober 2010

FISIP Universitas Sawerigading Terima 150 Mahasiswa

FAKULTAS Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar
menargetkan menerima mahasiswa baru sebanyak 150 orang. Saat ini Unsa telah membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa.

FISIP Unsa mengelola dua program studi, yaitu program studi administrasi dan sosiologi.
"Target itu disesuaikan dengan kondisi perkuliahan dan rasio dosen serta mahasiswa yang dimiliki kampus," ujar Pembantu Dekan I Bidang Akademik Unsa, Drs Moh Yahya Mustafa, Msi di Makassar, Kamis (27/5) lalu.
Tiga tahun terakhir ini, FISIP Unsa cukup banyak diminati mahasiswa baru. Itu karena program studi administrasi dan sosiologi sudah mendapat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Para alumni tidak memiliki masalah ketika diperhadapkan dengan pasar kerja.
Proses perkuliahan belangsung dengan baik, ruang perkuliahan cukup memadai, ditambah dengan para dosen yang semuanya sudah bergelar master (S2). Sebanyak lima dosen FISIP Unsa saat ini sedang merampungkan studi program doktoral di beberapa perguruan tinggi.
Para dosen itu ada yang menjalani kuliah S3 di Universitas Airlangga, Surabaya. Ada juga yang berkuliah di Universitas Brawijaya, Malang. Mereka memilih program doktor ilmu-ilmu sosiologi.
Beberapa dosen lainnya sedang berkuliah di Makassar, yakni di Jurusan Ilmu Administrasi Program Pascasarjana Universitas Unhas serta Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan program studi ilmu sosiologi.
"Para dosen tersebut merupakan sumber daya manusia yang kami miliki. Mereka akan memberi nilai tambah pada proses pembelajaran di dalam kelas. Sarana prasarana lainnya juga disediakan, termasuk kawasan binaan di Pulau Lumulumu, Kecamatan Ujungtanah, Makassar," katanya lagi.
Kehadiran pulau itu sekaligus menjadi tempat praktek dan laboratorium sosial bagi mahasiswa sosiologi dan administrasi setiap saat.(jum)


Peminat Cukup Tinggi

DALAM lima tahun terakhir, peminat kuliah di Unsa termasuk cukup tinggi. Fakultas dengan peminat terbanyak adalah FISIP, fakultas hukum, dan FKIP. Sedangkan dua fakultas lainnya memiliki peminat denagn jumlah yang normal.
Proses perkuliahan dilaksanakan di kampus Jl Kandea I/No 27. Kampus ini termasuk cukup tua. Mulai beroperasi 5 April 1943. Didirikan oleh almarhum Dr Hc Nuruddin Syahadat. Kampus ini sekaligus menjadi cikal bakal kampus Unhas.
ampus setiap saat melakukan pembenahan. Saat ini paling sedikit 10 dosen melanjutkan program doktoral. Para dosen yang melanjutkan kuliah itu merupakan investasi sumber daya manusia yang akan menentukan kualitas belajar di kampus Unsa.(jum)

1 komentar:

  1. bagaimana status UNSA cabang jakarta?
    kemana kami melegalisir ijazah,, lulusan tahun 1988

    BalasHapus